Top 5 Berita Pasar Global Hari Ini

2021
09 / 12
08 : 11
Comments
0

Top 5 Berita Pasar Global Hari Ini Top 5 Berita Pasar Global Hari Ini

Mexican Peso Market trends

Berikut adalah lima hal utama yang perlu Anda ketahui dalam berita pasar global pada hari Senin, 13 Agustus:

1. Krisis Lira Turki Semakin Dalam

Mata uang Lira Turki, yang merosot sekitar 16% pada hari Jumat minggu lalu, jatuh lagi untuk mencapai rekor terendah lainnya.

Mata uang tersebut telah jatuh sebanyak 10% dalam sesi perdagangan hari ini dan mencapai titik terendah 7,1326 terhadap dolar AS, sebelum sempat memangkas beberapa kerugian untuk diperdagangkan di 6,8657. Harga masih anjlok 7,3% untuk hari ini ().

Lira menemukan beberapa dukungan setelah bank sentral Turki berjanji akan menyediakan likuiditas dan memotong persyaratan cadangan bagi bank-bank Turki. Langkah itu akan membebaskan 10 miliar lira, $6 miliar, dan $3 miliar setara dengan likuiditas emas dalam sistem keuangan, beber bank sentral Turki.

Pernyataan bank sentral itu muncul setelah Menteri Keuangan Berat Albayrak - yang merupakan menantu Presiden Tayyip Erdogan - mengatakan Turki akan mulai menerapkan rencana aksi ekonomi untuk meredakan kekhawatiran investor, tanpa memberikan rincian tentang apa langkah-langkah tersebut.

Lira Turki telah kehilangan hampir 50% dari nilainya tahun ini, sebagian besar karena kekhawatiran pengaruh Erdogan yang semakin besar terhadap perekonomian, seruannya yang berulang-ulang bagi suku bunga yang rendah dalam menghadapi inflasi tinggi dan hubungan yang memburuk dengan Amerika Serikat.

2. Tensi Geopolitik Pukul Pasar Berkembang

Mata uang pasar berkembang lainnya juga diguncang oleh krisis ekonomi Turki yang meningkat, dan ketakutan yang menyebar bahwa hal itu akan meluas ke bagian dunia lain.

Afrika Selatan merosot 3% terhadap dolar menjadi 14.4691. Harga telah jatuh lebih dari 10% dalam sesi perdagangan sebelumnya ke level terendah dua tahun 15,4645.

Rusia merosot ke level terendahnya sejak pertengahan April 2016 terhadap dolar akibat penurunan harga minyak dan kekhawatiran atas dampak babak baru sanksi AS yang turut membebani.

Rupee India mencapai rekor terendah terhadap mata uang AS. naik ke 69.813.

dan juga terjebak dalam situasi itu.

3. Dolar Mendaki Naik ke Level Tertinggi 13 Bulan

Dolar AS menguat ke level tertinggi 13 bulan dipengaruhi oleh kemerosotan lira yang memicu permintaan bagi aset safe haven.

Indeks , yang mengukur greenback terhadap sejumlah mata uang, terdongkrak lebih tinggi di 96,30, setelah naik ke level tertinggi 27 Juni 2017 di 96,39 sebelumnya.

dan Swiss juga didukung dengan baik.

, di sisi lain, jatuh ke level terendah selama lebih dari setahun, dengan turun 0,2% ke 1,1388 setelah menyentuh level terendah 1,1365 sebelumnya.

berjibaku di dekat level terendah Juni 2017. terperosok di 1,2760 dan ditekan lebih rendah oleh dolar yang lebih kuat serta kekhawatiran atas prospek berkembangnya Brexit tanpa kesepakatan.

4. Pasar Global Goyah oleh Situasi Turki

Jauh dari mata uang, saham-saham global tergelincir ke level terendah satu bulan dan kemerosotan baru mata uang lira Turki telah membebani minat terhadap aset berisiko serta mendorong permintaan untuk berlabuh ke tempat yang aman.

Pasar Asia meluncur jatuh di mana semua sektor mencatatkan kejatuhan yang curam dibayangi oleh kejatuhan harga aset di Turki pada hari Jumat yang telah menyeberang melintasi lautan Pasifik.

berakhir jatuh sekitar 2% untuk memimpin penurunan di wilayah ini tapi yen sebaliknya menguat sebanyak 0,5% terhadap mata uang utama lainnya.

Beberapa pasar negara berkembang juga terseret lebih rendah di tengah kegelisahan dan kegamangan. Saham-saham di bursa Indonesia dan Filipina berkinerja terburuk, masing-masing tumbang sekitar 3,6% dan 2,2%.

Suasana suram terbawa ke Eropa, di mana bank-bank menyeret bursa utama di kawasan itu ke terendah tiga minggu, karena krisis ekonomi yang berkembang di Turki mengguncang kepercayaan investor pada pemberi pinjaman yang terpapar ke negara itu.

Di Wall Street, pasar saham berjangka AS tampaknya akan memulai minggu ini dengan indeks utama berada pada jalur pembukaan kerugian.

Blue-chip tergerus 85 poin, atau sekitar 0,4%, pada pukul 16.45 WIB, sedikit lemah 9 poin, atau sekitar 0,3%, sementara indeks teknologi menunjukkan kehilangan 27 poin, atau sekitar 0,4%.

5. Emas Tergelincir ke Level Terendah 17 Bulan

Di pasar komoditas, harga emas diperdagangkan tertekan rendah dengan harga spot emas mencapai level terendah 17 bulan. Tapi logam kuning itu sedikit menemukan jalur keselamatan, meski investor memilih untuk menumpuk aset ke dalam dolar AS, franc Swiss, dan yen Jepang.

meluncur rendah $8,50, atau 0,7%, ke $1,203.40, menjauh dari level terendah intraday pada $1,202.98 dan merupakan level terendah Maret 2017.

Penguatan greenback membuat logam berdenominasi dolar lebih mahal bagi pemegang mata uang asing.

  • Mark
  • Report
Conversation

Start a conversation, not a fire. Post with kindness.

0 Comments
Login

No Comments Yet

Be the first to share what you think!

TRENDINGMore

POPULAR

Popular posts More

Go Top